Kerajinan Kayu Batam Paling Bagus

Kayu merupakan bagian batang pokok yang keras, yang bisa berupa cabang, dahan, dan sebagainya (biasa dipakai untuk bahan bangunan dan sebagainya). Semua orang tentu tahu kalau kayu didapat dari pepohonan. Setiap harinya, mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan pohon yang ditebang untuk proses mendapatkan kayu yang kemudian dijual untuk berbagai kepentingan tertentu. Harga dari sebuah kayu pun bervariasi tergantung dari pohon yang menjadi dasar pembuatan kayu tersebut.

Kayu pun digunakan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Kayu jati biasanya menjadi kayu dengan harga yang cukup mahal. Kayu ini diambil dari pohon jati yang memiliki karakteristik kayu yang keras dan ulet, sehingga kayu jati merupakan pilihan yang baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan rumah dan sebagainya. Pohon jati juga memiliki daun yang muda yang dapat digunakan untuk pewarna pada barang anyaman. Akan tetapi, kayu jati bukanlah merupakan kayu termahal. Gelar kayu termahal jatuh kepada pohon gaharu dengan kisaran harga sekitar 10 juta rupiah hingga 35 juta rupiah per kilogram-nya.

Terlepas dari mahal atau murahnya suatu kayu, kayu yang sudah diolah telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sedari dulu. Bahkan hingga sekarang, kita pasti selalu melihat barang-barang yang terbuat dari kayu, seperti meja, rak, kusen, lemari, pintu, kursi, bingkai, pagar kayu, gagang sapu, dipan, pensil, dan masih banyak lainnya. Kayu juga digunakan sebagai salah satu bagian pondasi dari sebuah rumah. Banyaknya pengaplikasian dari kayu membuktikan bahwa manusia masih belum bisa menemukan pengganti bahan yang sepadan dengan kayu.

Kayu tidak hanya dijadikan sebagai bahan furnitur atau mebel, yaitu perabot yang diperlukan untuk melengkapi rumah, kantor, dan sebagainya. Kayu juga bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan, yaitu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Kerajinan merupakan bentuk dari kreatifitas manusia dalam membuat sesuatu, baik itu karena didasari kebutuhan atau hanya sekadar penyaluran hobi dan bakat saja. Sebenarnya, kerajinan tangan tidak hanya membutuhkan kayu sebagai bahan dasarnya. Akan tetapi, akhir-akhir ini segala bentuk kerajinan tangan dari kayu semakin digemari oleh masyarakat.

Perusahaan kayu di Batam, yang merupakan pulau dan kota yang menjadi ‘pintu masuk’ menuju Singapura, kita dapat menemukan berbagai pengrajin kayu. Kerajinan kayu di Batam bisa dengan mudah kita temukan. Bahkan, sebuah komunitas DIY (Do It Yourself) di Batam memiliki kegiatan rutin, yaitu membuat kerajinan kayu di Batam. Di kota Batam juga terdapat sebuah komunitas bernama Batam Craft yang didirkan pada tahun 2008. Pada awalnya, pendiri dari bisnis kerajinan kayu di Batam ini hanya membuat kerajinan tangan atas permintaan teman, namun akhirnya ia menjadikan bakatnya ini sebagai bisnis karena banyaknya permintaan. Batam Craft menyediakan hasil kerajinan kayu di Batam sebagai aksesoris atau oleh-oleh bagi mereka yang berkunjung ke Batam. Beberapa produknya antara lain miniatur kendaraan dari kayu, miniatur jembatan Barelang yang merupakan landmark terkenal dari Batam, minatur pulau Batam, kaligrafi, hingga papan nomor rumah.